Iklan

TERBARU ! Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca atau Rusak !

TERBARU ! Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca atau Rusak ! Selamat sore guys, ketemu lagi dengan saya mimin dari dolaneweb.cf tentunya. Kali ini saya akan membahas tentang Memory Card (kartu SD) atau yang biasa kita kenal sebagai memori eksternal merupakan salah satu perangkat yang paling banyak digunakan dan dibutuhkan oleh pengguna smartphone saat ini. Walaupun sudah banyak gadget atau martphone yang memiliki memori internal yang besar, tetap saja banyak yang membutukan kartu memori eksternal untuk menyimpan data-datanya.

Dari sebagian besar pengguna memory card tentunya dari kalian sudah ada yang pernah mengalamin yang namanya memori tidak terbaca, rusak, atau damage, dengan permasalahan tersebut, tentunya menyulitkan kita untuk memindahkan data-data kita atau sekedar membuka dan mengakses data kita



Untuk mengatasi masalah tersebut pada memory yang tidak terbaca, rusak, dan damage saya punya beberapa cara yang bisa kalian coba pakai dan gunakan, mungkin saja ini work dan menyelamatkan memory kalian sekalian semua.
Masuk ke menu setting - storage


HEBAT! Tutorial Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca atau Rusak!

Di dalam menu yang baru kalian akses akan menemukan pilihan Erase SD Card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru.


  •  KEDUA: Coba Bersihkan Kartu Memori Kamu

Yang harus dilakukan ketika tetap saja tidak bisa di baca adalah coba keluarkan memory card kamu dari gadget kalian. Tapi tentunya pastikan kamu sudah mematikan gadget nya sebelum kamu keluarkan memory card tersebut.


Setelah itu, coba kalian bersihkan lempengan tembaga (yang berwarna kuning keemasan di memory card kalian) dengan penghapus pensil warna putih (HARUS WARNA PUTIH). Gosok perlahan hingga bersih lempengengan tersebut.



HEBAT! Tutorial Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca atau Rusak!

Setelah bersih lempengan tersebut, silahkan kalian coba masukkan memory card tersebut kembali ke gadget atau smartphone kalian dan coba cek apakah sudah terbaca apa belum.
  • KETIGA: Cek Error Memory Card kalian dari PC/Komputer
Hubungkan Android ke Laptop atau PC kalian dengan kabel data
Pastikan Android kalian terhubung dalam Mass Storage Mode (MSC), bukan Media Transfer Mode (MTP) Lalu coba kalian buka Windows Explorer, lalu klik kanan pada drive kartu memori, pilih properties - tools - error checking, tunggu hingga semua proses selesai

HEBAT! Tutorial Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca atau Rusak!
Setelah itu Eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.

  • KEEMPAT: Format memory eksternal kalian dari PC
Jika misalnya kartu memori (Micro SD) kalian terbaca dan terlihat normal atau baik-baik saja di komputer namun tetap tidak terbaca atau tidak normal di Android, coba silahkan kalian coba cara ini:
- Silahkan kalian buat folder baru di HardDisk, lalu beri nama sembarang asal kalian ingat kalau folder baru yang kalian buat ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara atau biasa disebut backup isi kartu memori kalian yang rusak tadi. - Copy seluruh isi kartu memori kalian lalu paste ke dalam folder yang dibuat tadi - Setelah semuanya tersalin, langkah selanjutnya adalah format kartu memori tersebut. - Lalu setelah itu kembalikan data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah kalian diformat tadi. - Dan yang terakhir, cek lagi kartu memori kamu, masih gagal atau berhasil Terakhir Setelah kalian coba melalukan berbagai cara mulai dari yang lazim sampai tak lazim dan tetap tidak bisa, coba ulangi sekali lagi, dan jika tetap tidak bisa juga, mungkin saatnya kalian harus membeli memori card / eksternal baru. :) Oke, mungkin sekian untuk artikel kali ini tentang bagaimana cara mengatasi memory card yang rusak atau tidak terbaca, semoga membantu, jika ingin mendapat update tentang berbagai macam turotial, sering-sering kunjungi di Dolaneweb.cf. Jika ada yang ingin kalian tanyakan silahkan tinggalkan komen di bawah. Trimakasih dan selamat mencoba
Tag: cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali, cara memperbaiki memory card yang tidak bisa diformat, cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat, cara memperbaiki kartu memori yang rusak total, cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat, kartu memori tidak terbaca di hp samsung, sd card tidak terbaca di komputer, cara mengatasi kartu sd rusak pada android.

0 Response to "TERBARU ! Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca atau Rusak !"

Silahkan berkomentar yang bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...